• Latest News

    Jumat, 02 Oktober 2015

    Menjaga Keseimbangan Hormon Kartisol dikala Stress

    by
    Qomariah Hasanah*


    Anda pernah mengalami stres dikala menyelesaikan Tugas Akhir perkuliahan? Dan anda akan makan banyak di saat stress. Atau Anda pernah mengalami depresi di kala banyak permasalahan hidup?

    Tahukah Anda hormon yang sangat berperan dikala kita mengalami stres atau depresi? Yup, dialah KARTISOL.

    Kartisol akan secara otomatis keluar dari Korteks Adrenal kita dikala stress melanda. Ketika hormon ini keluar maka tubuh kita akan mengalami proses metabolisme, seperti naiknya gula darah dan terjadi resistensi insulin.

    Dalam bukunya yang berjudul "Hormonal Health", Dr.Michael Corgan berpendapat bahwa kartisol akan mencincang otot Anda lebih cepat dari koki Sushi, sehingga tubuh menjadi lemah, sistem kekebalan tubuh akan terganggu sehingga membuat kita mudah terserang penyakit.

    Hormon kartisol dilepas oleh Hypothalamus, organ kecil dipusat otak. Hypothalamus memberikan sinyal kepada kelenjar adrenal untuk mengeluarkan kartisol untuk dilepaskan ke aliran pembuluh darah. Tubuh akan memproduksi keringat untuk mendinginkan tubuh, reaksi ini dikenal dengan istilah "respon stres" . Apabila bekerja dengan benar, respon stres ini akan meningkatkan kemampuan seseorang untuk tampil dengan baik dibawah tekanan.

    Terlalu banyak kartisol di dalam dapat meningkatkan berat badan dan menghasilkan kegemukan khususnya bagian tengah tubuh. Kartisol berlebih dapat juga mengurangi kalsium, magnesium dan potasium sehingga tulang menjadi rapuh (osteoporosis)

    Lalu bagaimana cara Anda mengatasi stres?

    Berikut beberapa tips untuk mengatasi stres dan mengurangi jumlah kartisol Anda

    1. Cobalah lakukan teknik manajemen stres seperti melakukan ibadah sholat sunnah dan membaca Alqur'an. Allah SWT berfirman dalam surah Ar' Rad ayat 28 yang artinya "Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tentram" (QS Ar Rad : 28). Sholat dan membaca Alqur'an akan melatih tubuh Anda untuk memproduksi kartisol secara teratur dan menjaga produksinya agar tetap sehat.

    2. Pertahankan jadwal tidur yang teratur.

    3. Banyak makan buah dan sayur agar mampu meningkatkan kadar kartisol sehat

    4. Makanlah buah jeruk yang akan membantu memecah enzim-enzim  yang membatasi kartisol

    5. Mengkonsumsi obat herbal seperti akar kayu manis yang mengandung "glisirizin" yang menghambat enzim dalam tubuh yang memecah hormon kartisol. Menonaktifkan enzim ini akan membantu meningkatkan kadar kartisol secara bertahap.

    6. Minum teh yang mengandung polifenol dan flavonoid yang terbukti menurunkan kadar kortisol sebanyak 47 persen.

    Selamat mencoba ya:)

    Bogor, 1 Oktober 2015 **dikutip dari berbagai sumber

    *Mahasiswi PascaSarjana IPB
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Item Reviewed: Menjaga Keseimbangan Hormon Kartisol dikala Stress Rating: 5 Reviewed By: anakmanis saya
    Scroll to Top