• Latest News

    Kamis, 22 Oktober 2015

    Aleg PKS Provinsi Soroti Dana Desa





    PKSBengkulu - Anggaran Dana Desa (ADD) yang dialokasikan dari APBN tahun 2015 untuk Provinsi Bengkulu sebesar  Rp 362,962 miliar masih belum sepenuhnya tersalurkan ke desa-desa di Bengkulu.

    Menurut Sujono, S.P. M.Si, sekretaris komisi II DPRD Provinsi Bengkulu yang juga ketua DPW PKS Bengkulu, pejabat di kelurahan dan desa masih belum mengetahui prosedur dan petunjuk teknis terkait penggunaan dan pencairan dana tesebut. Baru sebagian kecil dari 1.534 desa di Bengkulu yang mencairkan dana desa.

    "Pemerintah daerah sebaiknya segera menggencarkan sosialisasi dan merampungkan proses pendampingan kepada desa-desa, agar dana desa yang sudah ditransfer oleh pusat bisa segera dicairkan dan bisa digunakan untuk pembangunan desa," terang Sujono.

    Sujono berharap  dengan pendampingan dan sosialisasi dari pemerintah daerah, kepala desa dan pejabat di kelurahan tidak lagi khawatir menggunakan dana desa nantinya, karena sejauh ini banyak kepala desa yang tidak mau menanggung resiko jika ada kesalahan dalam pengelolaan dana desa tersebut.

    "Hal-hal strategis yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka pendampingan ini ialah memberikan arahan dan bimbingan agar desa segera membuat draft rencana pembangunan desa dalam bentuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Des) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB-Des), karena hal itu tidak mudah dikerjakan bagi desa yang belum memiliki pengalaman dalam membuatnya," tutur Sujono.



    Menurut informasi yang dihimpun media PKS Bengkulu, ada sejumlah Rp 362,369 miliar dana desa sudah ditransfer ke kas daerah di masing-masing kabupaten. Jika sampai akhir tahun 2015 ini belum dicairkan maka dana tersebut akan mengendap dan baru bisa dicairkan untuk alokasi anggaran tahun 2016 mendatang. (**)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Aleg PKS Provinsi Soroti Dana Desa Rating: 5 Reviewed By: rangkai kata
    Scroll to Top