• Latest News

    Selasa, 18 Februari 2014

    SPIDERMAN OF PKS

    Dibalik peristiwa besar pasti ada kisah-kisah menarik yang mengiringinya, dimana kisah tersebut  belum diketahui oleh publik secara luas karena memang tidak terpublikasikan. Begitu pula dengan kisah para relawan PKS pascaerupsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur. Kisah ini mengisahkan tentang sepak terjang Spyderman of PKS atau para relawan PKS spesialis pemanjat atap gedung.

    Berbekal motivasi yang sama untuk berkhidmat bagi kemanusiaan, para relawan PKS ini berkumpul dari berbagai daerah untuk membantu masyarakat yang sedang ditimpa bencana erupsi Gunung Kelud.Tebalnya abu vulkanik yang menutupi atap, baik rumah warga maupun gedung sekolah dan fasilitas umum lainnya membuat mereka simpati, karena jika dibiarkan akan berakibat fatal seperti yang terjadi pada sebuah tempat pengungsian yang ambruk karena tak mampu menahan beban abu vulkanik.

    Meski minim fasilitas dan perlengkapan namun tidak menyurutkan aksi mereka dalam membersihkan atap rumah warga, fasilitas umum seperti masjid, gedung pengungsian dan lain sebagainya. Dengan kecermatan dan perhitungan yang matang, mereka menjalankan tugas kemanusiaan meski beresiko tinggi. Jika ada yang bertanya, kenapa mereka mau dan senekad itu padahal tanpa memungut bayaran sama sekali. Jawabannya mungkin hanya satu dan seragam, ini panggilan jiwa atas dasar kemanusiaan.

    Para relawan ini datang dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, sebagian diantara mereka adalah Andik yang berprofesi sebagai guru, Aris mahasiswa S2 IAIN Tulungagung, Saifuddin guru mengaji dan mahasiswa S2, Jatmiko karyawan swasta, Rizal arsitek, Ma’ruf teknisi IT, dan Tarno dengan profesi sebagai security. Berbagai latar belakang profesi dan keahlian namun tetap kompak dalam setiap penugasan.

    Menarik perhatian warga

    Kemampuan mereka dalam hal memanjat gedung ini memang tidak lah sehebat para pemanjat gedung pencakar langit seperti Alain Robert yang berkebangsaan Perancis dimana setiap aksinya selalu membuat heboh media massa. Namun, aksi para Spyderman of PKS ini cukup mampu mengundang perhatian warga sekitar. Kemampuan yang jarang dimiliki orang lain ini menjadikan mereka dicari-cari warga jika ada permasalahan. Sebagai contoh, saat atap roboh di lokasi pengungsian. Bahkan saat pembersihan masjid mereka sempat diliput media televisi nasional.

    Membersihkan masjid dari abu vulkanik gunung kelud
    Akan tetapi, walau mereka menjadi perhatian warga, mereka tetap tidak sombong. Mereka akan senantiasa bersedia meringankan beban saudara-saudaranya yang sedang kesusahan. Karena mereka memang orang-orang yang sudah di-tarbiyah untuk selalu peduli, baik peduli kepada sesama manusia, agama, bangsa, negara dan juga lingkungan.

    Mereka para relawan PKS akan senantiasa siap sedia membantu meringankan beban warga masyarakat yang terkena musibah seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus, dan lain sebagainya. Akan tetapi, meskipun banyak warga yang simpati dengan aksi-aksi mereka, namun ada pula yang mencibir dan mencemooh dengan berbagai alasan. Hal ini tak membuat mereka surut dan berhenti berbuat. Justru, mereka makin bersemangat dan makin peduli.

    Erupsi Kelud terbesar

    Berdasarkan informasi, erupsi Gunung Kelud di awal tahun 2014 ini lebih besar ketimbang erupsi sebelumnya yakni pada tahun 1990. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi, Sumber Daya Alam, dan Mineral mengatakan indikatornya adalah tinggi lontaran vulkanik dari letusan ini mencapai 17 kilometer.

    Pada 1990, ketinggian lontaran material vulkanik dari letusan Gunung Kelud tercatat mencapai sekitar 8 kilometer. Ketinggian lontaran material vulkanik letusan pada Kamis malam tersebut merupakan laporan dari otoritas vulkanologi di Darwin, Australia.

    Gunung Kelud (tribunnews)
    Letusan pada 1990 merupakan letusan terakhir sebelum letusan Kamis malam, yang melontarkan material vulkanik. Adapun letusan pada 2007 tidak sampai memuntahkan material vulkanik, tetapi telah menyebabkan surutnya danau di kawah gunung itu, berganti dengan munculnya kubah lava.

    Selain tinggi lontaran material vulkanik, letusan pada Kamis malam lebih hebat daripada letusan pada 1990 juga diukur berdasarkan area terdampak letusan. Dalam pantuan PVMBG, abu letusan Gunung Kelud pada Kamis malam terlontar sampai ke kota-kota yang relatif jauh dari lokasi gunung.

    Abu terpantau antara lain sampai ke Ponorogo, Mojokerto, dan Surabaya.Lokasi kota-kota yang dicontohkan itu jauh dari lokasi gunung. Ponorogo, misalnya, sudah mendekati Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun Surabaya jauh di utara lokasi Gunung Kelud.

    Jumlah pengungsi terbanyak

    Jumlah korban pengungsi akibat letusan Gunung Kelud, terus bertambah. Hingga Minggu (16/2/2014) hari ini, jumlah pengungsi bertambah menjadi 83.347 orang. Sebelumnya, Sabtu (15/2/2014), jumlah pengungsi adalah 50 ribu orang.

    Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengatakan, 83 ribu orang lebih warga yang mengungsi tersebut tersebar di sekitar 136 titik pengungsian yang ada di lima daerah.


    Pengungsi kelud
    Kelima daerah itu ialah Kediri, Blitar, Malang, Kota Batu, dan Jombang. Rinciannya, pengungsi di Kediri 35.119 orang, Malang 25.150 orang, Batu 14.110 orang, Blitar 8.193 orang, dan Jombang 775 orang.

    Saiful mengatakan bisa saja jumlahnya akan terus bertambah. Semua tergantung pada perkembangan kondisi dan aktivitas Gunung Kelud. Untuk memastikan perkembangan terkini data jumlah pengungsi, pemprov selalu berkoordinasi dengan para camat dan kepala desa, serta sejumlah lembaga terkait.

    “Pokoknya, data jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Kelud selalu kita perbaharui, sesuai kondisi yang ada di lapangan,” tegasnya.

    Meski jumlah pengungsi terus bertambah, pemprov menjamin kebutuhan dasar para pengungsi di tempat pengungsian akan tercukupi. Mulai kebutuhan makanan, minuman, tempat MCK dan air bersih, peralatan tidur, masker, dan kebutuhan untuk kaum perempuan dan anak-anak.

    Itulah sedikit kisah tentang Spyderman of PKS yang beraksi pasaerupsi Gunung Kelud yang memang merupakan erupsi terbesar sejak tahun 1990 dan jumlah pengungsi terbanyak dari sebelumnya dengan abu vulkanik yang tersebar jauh. Semoga aksi para Spyderman of PKS ini mendapat ganjaran pahala dari Allah Swt, aamiin.[PksCibitung/TM]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: SPIDERMAN OF PKS Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top