• Latest News

    Minggu, 16 Februari 2014

    Gonjang Ganjing Hadiah Innova bagi yang sholat | Sofia Hayati, S.Th.I



    GONJANG GANJING HADIAH INNOVA BAGI YG SHOLAT

    Agar masjid tetap ramai bukan dengan cara yg instan memberi reward ke per-orangan, seperti pemberian mobil, namun dengan menciptakan sistem yg bagus. Contoh usulan program :

    1. Walikota bisa memberi bantuan ke organisasi guru TPA/TPQ untuk mengorganisir kegiatan TPA. Misal: lomba hafalan quran,kaligrafi,pildacil (pilih da'i cilik),dll. Adakan pekan anak sholeh per 3 bln/semester. Nah lumayan jg hadiah bsar (laptop,alfa link). Lumayan,bisa bermanfaat untuk anak belajar.

    2. Guru TPA buat silabus materi ngajar TPA. Ex: kisah2 nabi, hafalan quran/hadits, qiro'ah. Tujuannya agar TPA se-Kota Bbengkulu punya standar kemampuan santri TPA yg sama. Selain itu, bisa menerapkan ujian mid/ semester TPA/TPQ dgn soal yg sama di TPA se-Kota Bengkulu. Uang buat innova bisa dialihkan utk kesejahteraan guru TPA yg buat soal. Lebih bermanfaat kan? 


    3. Melalui kegiatan shubuh keliling walikota, akan terlihat masjid mana yg rame jama'ahnya. Nah hasil pengamatan itu,walikota bisa memberi reward bantuan ke masjid, bisa berupa fasilitas masjid. Nah,manfaat bisa dirasakan oleh semua jama'ah masjid, bukan hanya perorangan. 


    4. Buat pelatihan guru TPA yg kreatif, bila perlu undang Kak Seto dan AMM (Pembuat Iqro'). Jadi TPA gk jenuh,ada dongeng anak dan kegiatan2 menarik lainnya. Jd betah deh anak2 ngaji di masjid.

    5. Fasilitasi pengurus masjid besar mengadakan kegiatan besar kerjasama dgn IKMI

    6. Utk kegiatan ibu2, bisa kerjasama dengan BKMT. Utk kegiatan bpk2, bisa kerjasama dengan IKMI, Ormas. Utk kegiatan remaja, bisa ajak rembukan dgn Forum Remaja Masjid Kota (FKRB). Semua elemen dirangkul. Dengan begitu, sistem akan bergerak dan berjalan semua kan? Insya Allah masjid akan ramai. Klo dgn cara sholat diberi mobil,takut membelokkan niat ikhlas org tsb. 

    Wah,msh byk program lain yg bisa kita buat utk Bengkulu religius.


    ‪#‎Ubah‬ SISTEM-nya (perkaya masjid dan jama'ahnya/kemaslahatan ummat), jangan perkaya individunya. Karena SISTEM lebih PENTING. 

    [edt/sukma]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gonjang Ganjing Hadiah Innova bagi yang sholat | Sofia Hayati, S.Th.I Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top