• Latest News

    Jumat, 11 April 2014

    PKS Menang di Turki


    Jakarta (9/4) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menuai suara terbanyak dari Warga Negara Indonesia yang berada di dua kota besar di Turki, yakni Istanbul dan Ankara dengan perolehan 48,2% suara berdasarkan pada penghitungan real count.

    Dalam real countyang dilakukan pada Rabu (9/4) di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul, PKS mendapatkan 95 suara, disusul PDIP dengan 30 suara, PAN mendapat 18 suara, Gerindra mendapat 12 suara, Demokrat mendapat 7 suara, PKB mendapat 5 suara, Golkar mendapat 4 suara, Nasdem mendapat 3 suara, PBB mendapat 3 suara dan Hanura beserta PKPI tidak mendapatkan suara.

    Sedangkan dalam real count di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara, PKS juga jauh mengungguli kompetitornya dengan 83 suara, disusul Gerindra dengan 25 suara, PDIP 22 suara, Golkar 14 suara, Nasdem 11 suara, PAN 10 suara, Demokrat 9 suara, PPP dan PBB masing-masing 5 suara, Hanura 4 suara, PKB 3 suara, dan PKPI 0 suara.

    Data yang dihimpun dari para saksi PKS di Istanbul dan Ankara menyebutkan, suara terbanyak untuk PKS diraih oleh Hidayat Nur Wahid (HNW) dengan 79 suara, Taufik Ramlan Wijaya dengan 41 suara, dan 3 suara sisa diraih caleg lainnya.Total suara yang memilih PKS saja (tanpa memilih capres) sebanyak 55 suara.

    “Adapun penghitungan suara bagi pemilih di luar Ankara yang memilih lewat jalur pos baru akan dihitung hari Jum’at (11/4) esok,” ujar Ketua Komisi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Ankara, Richard.

    ***

    Apakah kemenangan PKS di Turki ada hubungannya dengan Erdogan Effect? Kemenangan PKS di Turki ini menyusul kemenangan partai Keadilan Turki (AKP) pimpinan Erdogan yang berlangsung kurang dari dua minggu lalu (30/3). AKP berhasil menang telak di tengah prahara politik yang mengguncang PM Erdogan yang diperkirakan akan terjungkal.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PKS Menang di Turki Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top