• Latest News

    Minggu, 18 Mei 2014

    Psikolog | Kritik Bagian Penting dari Kesehatan Mental Sesorang


    by
    @UdaIrfan
     
    PKSBengkulu-Kebanyakan orang akan marah atau tidak senang ketika dikritisi oleh seseorang, padahal kritik itu ada manfaat bagi dirinya sendiri sebagai sarana untuk mengevaluasi diri. Dan, kritik itu sendiri merupakan bagian penting dari kesehatan mental seseorang.

    "Kritik itu bagian penting dari kesehatan mental seseorang. Salah satu ciri kedewasaan adalah mudah menerima kritik," ujar seorang Psikolog muda, Irfan Aulia melalui akun Twitternya @UdaIrfan, Ahad (18/5) malam.

    Dalam banyak literatur ciri kecerdasan emosional yang tinggi adalah kemampuan menerima dan mengelola kritik. Menurut Irfan, di dalam kerja, tim kritik makin penting, karena tim bertumbuh dengan kritik yang membangun.

    "Cohen (2008) menceritakan salah satu ciri pertama pemimpin adalah mau mendengar dan mencerna kritik. Ciri itu ia dapatkan setelah meneliti tingkah laku para pemimpin di organisasi publik (pemerintahan-red)," lanjut Irfan.

    Kenapa ciri ini yang pertama ia sampaikan, karena pemimpin khususnya di organisasi publik harus menjaga harmoni sekaligus mencapai target.

    "Di lingkungan keluarga ayah yang mau menerima kritik anaknya, memberi contoh dan pelajaran kepada anak untuk berkomunikasi dengan sehat," katanya.

    Saat pernikahan pun, jelas Irfan, ciri sehat komunikasi suami istri adalah kesediaan menerima kritik, biarkan pasangan plong.

    "Bukan diam-diam seolah-olah semua baik baik saja, dan tiba tiba berpisah dengan menyakitkan. Diam-diam dan merasa semua aman, lalu tak membiarkan saluran dibuka, bisa berbahaya," tegas Irfan.

    Irfan juga menjelaskan hal ini dengan mengambil contoh yang paling legendaris saat maskapai Korea mengalami banyak kecelakaan, usut punya usut, karena komunikasi mampet. Co-pilot merasa tak sederajat dengan pilot, akibatnya komunikasi jadi hirarkis, dan saat kritis semua sudah terlambat.

    "Solusinya simpel, bahasa diubah, sederajat, komunikasi dibuat terbuka, kecelakaan menurun dratis. Itu sebabnya bila anda membangun hubungan, skala apapun, individu sampai dengan negara, biasakan terbuka terhadap kritik," paparnya.

    Irfan juga menghimbau agar jangan memulai hubungan dengan diam-diam, nanti saling menyalahkan, dan melempar kesalahan, susah untuk move on.

    "Boleh kok buat aturan main terhadap kritik, yang penting buka saluran, dan jangan pura-pura diam, kita berbeda maka kita bersinergi. Sila dikritik saya, moga jadi masukan dan pelajaran buat saya. Met Isya' tweps," pungkas Irfan mengakhiri "kicauannya" seputar masalah kritik.[dm/pksnongsa.org]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Psikolog | Kritik Bagian Penting dari Kesehatan Mental Sesorang Rating: 5 Reviewed By: anakmanis saya
    Scroll to Top