• Latest News

    Senin, 05 Mei 2014

    Hari Ini AGK-Manthab Dilantik Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Maluku Utara


    Abdul Gani Kasuba-Muhammad Natsir Thaib akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara periode 2014-2019 pada hari ini, Senin (5/5/2014).

    Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi akan melantik Gubernur-Wakil Gubernur yang terpilih melalui proses terpanjang dalam pilgub ini di Ibukota Provinsi Maluku Utara (Malut), Sofifi.

    Abdul Gani Kasuba-Muhammad Natsir Thaib terpilih sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) melalui proses yang panjang. Keduanya memenangkan Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) melalui tiga tahap perjalanan dan dua kali sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

    Pilgub Maluku Utara dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2013 yang diikuti enam pasang kandidat. Hasilnya tidak ada satu pasangan-pun yang memperoleh suara 30 persen yang merupakan syarat pasangan tersebut dinyatakan menang. Ahmad Hidayat Mus-Hassan Doa (AHM-Doa) yang diusung kolaisi Golkar berada di urutan pertama memperoleh 28,50%, sedang Abdul Gani Kasuba-Muhammad Natsir Thaib (AGK-Manthab) yang diusung koalisi PKS menempati posisi dua dengan raihan suara 21,54%. 

    Dua pasangan ini bertempur di Putaran Dua Pilgub Maluku Utara yang digelar empat bulan kemudian (Kamis, 31 Oktober). KPUD menyatakan Ahmad Hidayat Mus-Hassan Doa menang, namun kubu Abdul Gani Kasuba-Muhammad Natsir Thaib mengajukan gugatan ke MK karena kecurangan yang dahsyat.

    Akhirnya MK memutuskan Pilgub Maluku Utara putaran dua harus diulang di 8 kecamatan yang terjadi kecurangan.

    Tiga bulan kemudian (Senin, 27 Januari 2014) Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Maluku Utara di 8 kecamatan ini digelar. Hasil akhir setelah dilakukan Pemungutan Suara Ulang AGK-Manthab menang dengan raihan total 261.005 suara sedang AHM-Doa memperoleh 257.793 suara.

    Hasil ini kemudian diajukan lagi ke MK. Dan Sidang MK pada Kamis, 6 Maret 2014, menyatakan Abdul Gani Kasuba-Muhammad Natsir Thaib sebagai pemenang dan Gubernur-Wakil Gubernur Maluku Utara terpilih periode 2014-2019.

    Hari ini, Abdul Gani Kasuba-Muhammad Natsir Thaib dilantik sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Maluku Utara periode 2014-2019. Semoga Allah SWT menolong mereka dalam mengemban amanah rakyat.


    *by admin @pkspiyungan

    ___
    (FOTO: Pasangan Abdul Gani Kasuba dan Muhammad Natsir Thaib saat mendaftar di KPUD untuk maju di Pilgub Malut, Sabtu (23 Maret 2013) 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Hari Ini AGK-Manthab Dilantik Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Maluku Utara Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top