-

-
  • Latest News

    Senin, 09 November 2015

    MUTIARA ITU BERNAMA YOYOH YUSROH ....... [Part 1]

     
    Ustadzah Yoyoh Yusroh

    Seorang wanita yang sering disapa “Ummi” ini oleh siapapun dikenal sebagai sosok yang bak mutiara yang jarang ditemukan. Bahkan sebagian mengatakan bahwa Ummi adalah sosok shahabiyah yang ada di zaman sekarang. Bagaimana tidak semua yang beliau contohkan dan lakukan seperti apa yang para sahabiyah lakukan di zaman Rasulullah. Ummi memang tidak memiliki nama sebesar Ibu Megawati Soekarno Putri atau dikenang sedalam ibu Kartini. Namun,sosok beliau sulit dilupakan di hati setiap orang yang mengenal Ummi. Itu sudah lebih dari cukup untuk menjadi amalan Ummi.

    Lahir selasa 14 November 1962 di Batuceper, Tanggerang, Yoyoh Yusroh adalah anak ke-4 dari 10 Bersaudara dari Alm. H.Abdussomad dan Hj. Aminah. Namun, 3 kakak Ummi tidak berumur panjang sehingga Ummi akhirnya menjadi Anak Sulung dengan 6 adik. Di Masa kecil ummi banyak mengalami kejadian yang mengesankan yaitu sudah mendampingi ayah ke berbagai tempat pengajian ke masjid-masjid atau pun surau-surau. Dari sini ummi menjadi sosok yang mudah bergaul dengan siapapun. Ayahanda juga mengajarkan Ummi untuk berani tampil di depan umum dengan ikut lomba pidato di usia 5 tahun. Sang ayah juga mengajarkan Ummi berbagai Ilmu, membaca berbagai buku termasuk kitab kuning dengan tulisan arab gundul sehingga Ummi hobi membaca dan senang sekali menuntut ilmu sejak kecil. Ummi pun sudah mandiri sejak kecil, di usianya yang baru 10 tahun Ummi harus mengasuh keenam adiknya saat kedua orang tuanya berangkat haji selama tiga bulan. Ummi pun sudah terbiasa dengan wirid Qur’an sehingga bisa khatam 6-7 kali waktu Ramadhan, ummi juga sudah hafal AL Mulk saat 4 tahun. Dalam pendidikan Umum pun Ummi tidak kalah hebatnya dengan yang lain. Buktinya Ummi sudah disertakan ikut ujian sekolah tingkat SD saat masih duduk di kelas 5 SD dan Ummi pun lulus. Didikan kedua orangtuanya lah yang akhirnya membuat Ummi menjadi sosok bak mutiara.

    Terinspirasi dari kedua orang tuanya yang menjadi pendidik dan mubaligh. Maka Ummi memutuskan untuk meniti karier sebagai guru. Ummi akhirnya menapaki pendidikan di PGAN (Pendidikan Guru Agama Negeri) selama 4 tahun. Sewaktu di PGAN Ummi diberikn kesempatan berceramah di depan ta’lim besar. Ummi pun menyentil pemerintahan Orba lewat ceramahnya. Semua peserta terkesan dengan Apa yang Ummi sampaikan. Inilah awal mula keberanian dan wawasan berpolitik ummi terlihat. 


    Keberanian dan wawasan berpolitik Ummi adalah warisan dari sang ayah yang kala itu bergabung di PPP. Ayah Ummi pernah beberpa kali beruurusan dengan aparat terkait kritikan beliau terhadap kebijakan pemerintah. Perjuangan itu pun dilanjutkan oleh Ummi. Setelah lulus dari PGAN, Ummi melanjutkan pendidikan ke PGA Jakarta/ setara SMA. Di masa itu Ummi sudah aktif di PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) dan PII (Pelajar Islam Indonesia). Di mata teman-teman, Ummi dikenal sebagai sosok pemimpin dan pintar. Ummi pernah menjadi komandan Asrama dan lulusan Terbaik Se-DKI Jakarta saat di PGA.Setelah lulus PGA, Ummi kuliah di IAIN Jakarta (Sekarang: UIN SYAHID). Saat menjadi mahasiswa Ummi tidak perlu membayar uang kontrakan karena sang pemilik kontrakan berterimakasih karena kebiasaan ummi membaca Al Qur’an setiap malam. ..... (M. Azizah/bersambung)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Item Reviewed: MUTIARA ITU BERNAMA YOYOH YUSROH ....... [Part 1] Rating: 5 Reviewed By: rangkai kata
    Scroll to Top