• Latest News

    Rabu, 03 September 2014

    Aher: tidak Mungkin Ada Kehidupan Tanpa Pertanian

    oleh
    Ahmad Heryawan
    @aheryawan

    PKSBengkulu-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengatakan tidak mungkin ada kehidupan tanpa adanya pertanian. Menurut pria yang akrab disapa Aher ini, pertanian akan tumbuh dan berkembang manakala kita memandang pertanian ini penting.

    "Faktanya (pertanian-red) memang penting karena tidak mungkin ada kehidupan tanpa pertanian," ungkap Aher pada akun Twitter-nya @aheryawan, Selasa (2/9).

    Dia mengatakan, krisis yang paling  dikhawatirkan itu yang pertama adalah krisis air, dan yang kedua adalah krisis pangan.

    "Kalau suatu saat bumi ini krisis air, krisis pangan, bahaya! Efeknya kematian," tegas Aher, Gubernur Jawa Barat yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini

    Menurut dia, pangan dan air adalah 2 hal yang langsung masuk kedalam tubuh manusia. Maka, air dan pangan harus diselamatkan. pangan akan lancar kalau air pun lancar.

    "Keduanya, air maupun pangan, berkaitan langsung dengan kehidupan. Kalau logam, emas, perak memiliki nilai, tapi tidak langsung berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari," katanya.

    Sedangkan pangan, lanjut Aher, langsung berhubungan dengan kehidupan.

    "Untuk menjamin kehidupan kita mari selamatkan masa depan pangan dan air klita. Mari kita hadirkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan pangan," ujarnya.

    Aher juga menjelaskan bahwa, ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Kemandirian pangan adalah kemampuan memiliki dan memanfaatkan sumberdaya pangan secara mandiri.

    Sementara, kedaulatan pangan adalah ketersediaan, kesinambungan, dan ketidaktergantungan terhadap produksi pangan global dan harga pasar.

    "Singkat kata, kita harus merdeka dan berdikari dalam urusan pangan," katanya. (da/pasberita.com)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Aher: tidak Mungkin Ada Kehidupan Tanpa Pertanian Rating: 5 Reviewed By: anakmanis saya
    Scroll to Top