-

  • Latest News

    Selasa, 07 Desember 2021

    Selasa 7 Desember 2021 berempat di Gedung Dewan Perwakilan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Bengkulu dilaksanakan Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi Bengkulu 2021.

    Alhamdulillah pagi menjelang siang Selasa 7 Desember 2021 berempat di Gedung Dewan Perwakilan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Bengkulu dilaksanakan Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi Bengkulu 2021. 



    Setelah pagi tadi dibuka oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Ust Drs. Al Bahri, M.Si. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh DPW PKS ini dan memberikan perjelasan mendasar terkait literasi Lomba Baca Kitab Kuning.


    Peserta yang berasal dari berbagai kabupaten kota di Provinsirovinsi Bengkulu diantaranya berada dari Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Kota Bengkulu sebanyak 16 orang peserta. Peserta berada dari berbagai instansi pendidikan mulai dari tingkat SMP sederajat hingga perguruan tinggi, seperti IAIN Bengkulu, UMB dan Lipia Jakarta.



    Menjadi sebuah apresiasi yang besar pemenang Lomba Baca Kitab Kuning hari ini akan mewakili Provinsi Bengkulu di tingkat Nasional 8 Desember 2021 melalui daring.


    Sebelum acara perlombaan dimulai, sebagai dewan juri Ust Memori sekaligus penghulu dari KUA Gading Cempaka Kota Bengkulu menyampaikan perihal teknis perlombaan. Peserta mengambil nomor undian sebagai nomor urut pemanggilan. Peserta diberikan 10 menit waktu tampil dengan rincian 5 menit membaca kita kuning yang diambil setelah dipanggil dewan juri dan 5 menit menjawab pertanyaan dewan juri yang terdiri dari 3 kategori yakni: Tata Cara Baca atau Nahwu, Keterkaitan Hukum Kontemporer, dan Makna.



    Pada dasarnya Kitab Kuning yang menjadi pokok bahasan disini banyak membahas tentang hukum shalat dan segala sesuatu yang berhubungan dengan shalat seperti shalat berjamaah, menjamak shalat, hukum shalat Jumat bagi perempuan dll. 



    Lomba baca Kitab Kuning menjadi sarana pendewasaan diri bagi setiap kaum muslimin khususnya penggerak di bidang pendidikan dengan latar belakang pesantren. Tidak menutup kemungkinan kedepan akan menjadi sarana bagi Partai Keadilan Sejahtera untuk menyelenggarakan secara berkala guna meningkatkan pengetahuan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. (Humas DPW.ED)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Selasa 7 Desember 2021 berempat di Gedung Dewan Perwakilan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Bengkulu dilaksanakan Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi Bengkulu 2021. Rating: 5 Reviewed By: pksbengkulu
    Scroll to Top