• Latest News

    Selasa, 18 Agustus 2015

    Gubernur Pimpin Upacara, Ketua DPRD Bacakan Teks Proklamasi


    Ketua DPRD Provinsi Bengkulu membacakan teks Proklamasi

    Ketua DPRD Provinsi Bengkulu membacakan teks Proklamasi


    Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah, memimpin langsung upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT RI ke 70 di alun-alun Balai Raya Semarak Bengkulu.
    Acara tersebut berlangsung khidmat, dengan turut dihadiri Wakil Gubernur, Sultan Bachtiar Najamuddin, Kapolda, Brigjen Pol M. Ghufron, Ketua DPRD Provinsi, Ikhsan Fajri, Ketua DPRD Kota, Erna Sari Dewi, dan sejumlah FKPD lainnya.


    Prklamasi
    Dengan lantang teks Proklamasi dibacakan oleh Ikhsan Fajri. Teks Proklamasi memiliki sejarah yang sangat penting artinya bagi kemerdekaan Indonesia. Teks Proklamasi ini dibuat dengan perundingan antara golongan tua dan golongan muda yang terdiri dari Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Kemudian konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri.
    Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta diusulkan untuk menandatangani teks Proklamasi atas nama Bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti Melik dan dibacakan pada 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno

    Berikut kutipan teks Proklamasi yang dibacakan setiap tanggal 17 Agustus.
    P R O K L A M A S I
    Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
    Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
    dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
    Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
    Atas nama bangsa Indonesia.
    Soekarno/Hatta.

    Acara peringatan HUT RI ke 70 diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Suardi Abbas. Kemuadian dihibur dengan penampilan paduan suara serta drama kolosal dari perwakilan siswa SMP dan SMA se Kota Bengkulu.
    “Kita berharap semoga moment peringatan HUT RI ini tidak hanya sekedar seremonial belaka, melainkan menjadi penyemangat bagi kita untuk terus mempertahankan kemerdekaan RI dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keluhuran bangsa di zaman yang semakin berkembang seperti saat ini,” demikian Ikhsan.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gubernur Pimpin Upacara, Ketua DPRD Bacakan Teks Proklamasi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top