• Latest News

    Kamis, 18 April 2013

    Bengkulu : Pembangunan Rel Dilelang

    BENGKULU, BE - Pembangunan Rel Kereta Api (KA) Bengkulu-Muaraenim segera dilelang.  Masa untuk melakukan lelang dilaksanakan tahun ini, sedangkan pembangunan dilaksanakan tahun 2014. Saat ini, proses persiapan untuk melakukan lelang sudah dilakukan.

     Demikian diungkapkan Asisten II Setda Pemprov Ir Nahsyah MT, MM.”Lelang proyek pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Muaraenim, Sumatera Selatan digelar 2013 sehingga pembangunan dimulai pada 2014,” katanya.

    Namun, pihaknya harus terlebih dahulu menyiapkan perizinan karena pembangunan rel kereta api tersebut melalui hutan lindung dan beberapa daerah.  Pembangunan rel kereta api adalah proyek yang disepakati pemerintah Indonesia dengan investor Korea Selatan.

    Nota kesepakatan proyek tersebut ditandatangani dalam “Working Level Task Force ke-3 dan Korea-Indonesia Jeju Initiative” di Pulau Jeju, Korea Selatan, pada Oktober 2012. “Siapa yang memenangkan lelang, adalah yang menguntungkan daerah,” katanya.

    Nahsyah mengatakan pembangunan rel kereta api tersebut akan mengoptimalkan fungsi Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu sebagai pintu gerbang ekspor berbagai komoditas. Untuk tahap awal, rel KA yang dibangun tersebut khusus untuk angkutan batu bara dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan.

    Pembangunan rel kereta api Bengkulu-Muara Enim Sumatera Selatan sepanjang 230 kilometer itu diprakarsai oleh PT Mandala Resources Indonesia dengan PT Samsung C & T Corporation dan PT Dohwa Engineering.

    “Tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman tersebut, adalah penelitian dan desain pembangunan rel kereta api dan pengembangan pelabuhan Pulau Baai,” katanya. (100).

    Sumber : Bengkulu Ekspress.on line.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bengkulu : Pembangunan Rel Dilelang Rating: 5 Reviewed By: PKS Kota Bengkulu
    Scroll to Top