• Latest News

    Jumat, 29 Juli 2011

    PKS Kota Bengkulu adakan Tarhib Ramadhan 1432 H

    Istilah Tarhib Ramadhan sudah menjadi akrab di hati ummat Islam Indonesia. Setiap tahun menjelang datangnya bulan suci Ramadhan ummat menghadiri kegiatan bernama Tarhib Ramadhan. Kata tarhib berasal dari akar kata yang sama yang membentuk kata Marhaban. Sedangkan marhaban artinya selamat datang atau welcome. Maka Tarhib Ramadhan berarti Selamat Datang Ramadhan atau Welcome Ramadhan.

    Seorang muslim perlu membangun sikap positif dalam menyambut kedatangan bulan istimewa Ramadhan. Bahkan berdasarkan sebuah hadits Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam biasanya sejak dua bulan sebelum datang Ramadhan sudah mengajukan doa kepada Allah ta’aala dalam rangka Tarhib Ramadhan atau welcoming Ramadhan.

    كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ
    اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ

    Adalah Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam apabila memasuki bulan Rajab berdoa: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan berkahilah kami di bulan Ramadhan.” (HR Ahmad 2228)

    Rajab, Sya’ban dan Ramadhan merupakan bulan ketujuh, kedelapan dan kesembilan dari sistem kalender Hijriyah Ummat Islam. Hadits di atas seolah mengisyaratkan bahwa Nabi shollallahu ’alaih wa sallam punya kebiasaan menyambut kedatangan Ramadhan bahkan dua bulan sebelum ia tiba. Artinya, Nabi shollallahu ’alaih wa sallam ingin menggambarkan betapa istimewanya Ramadhan sehingga dua bulan sebelumnya sepatutnya seorang Muslim sudah mulai mengkondisikan diri menyambut Ramadhan lewat do’a seperti di atas.


    Tarhib Ramadhan ini di adakan di Masjid Agung At-Taqwa Anggut Atas bertepatan pada hari Jum'at 29 Juli 2011 M dan 28 shaban 1432 H. Hadir tokoh-tokoh islam dan kader PKS seperti:

    1. Ust. Dani Hamdani, MPd
    2. Ust. Ir. H. Hamim Wicaksono, MSc   ( Pengurus Cabang NU Kota Bengkulu )
    3. Ust. H. Rusdi Syam ( Ketua MUI Kota Bengkulu )
    4. Ust. Dr. Effendi Johan ( PD Muhammadiyah Kota Bengkulu )
    5. Ust. Dr. S Effendi MS ( Ketua BMA Kota Bengkulu )
    6. Ust. Ahmad Zarkasi, SP
    7. Ust. Iip Aripin
    8. Ust. Alamsyah, SPd  ( Ketua DPD PKS Kota Bengkulu )

    Usai mengadakan tausiyah di Masjid Agung At-Taqwa acara di lanjutkan dengan pawai ramadhan yang di buka langsung oleh Ketua DPD PKS Kota Bengkulu Ust.Alamsyah, SPd dengan mengambil start di depan Masjid Agung At-Taqwa Anggut Atas menuju Kampung di lanjutkan ke Tanah Patah dengan melewati Kampung Bali dan Stadion Sawah Lebar terlebih dulu dengan finishing di Masjid Raya Padang Harapan.

    Ribuan peserta pawai ramadhan ini di sertai membagikan jadwal ramadhan ke setiap lintasan pawai kepada seluruh masyarakat di pinggir-pinggir jalan, ada yang unik dari pawai ini yaitu Bang Ucok kebanyakan orang menyapanya yaitu pawai dengan mengendarai motor yang di belakangnya terdapat pengeras suara dengan alunan nasyid yang membangkitkan semangat peserta pawai.
    Semoga Ramadhan kali ini bisa kita jalani dengan sempurna dan menjadikan kita insan yang bertaqwa....Amin. (ms)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PKS Kota Bengkulu adakan Tarhib Ramadhan 1432 H Rating: 5 Reviewed By: PKS Bengkulu
    Scroll to Top