-

  • Latest News

    Senin, 22 Juni 2015

    Amalan - Amalan Sederhana Penggugur Dosa



    By : Andik SBY, Lc

    Permasalahan terbesar manusia kata Yusuf Al-Qhordowi adalah keingkaran mereka kepada hari akhir, tidak percaya dan tidak mengimaninya. Hingga Al Quran Mengakatan

    " كلا بل تكذبون بالدين " (Sekali - sekali tidak, sesungguh nya kalian mengingkari akan hari pembalasan..)

    Sehingga bila seseorang sudah tidak percaya kepada hari akhir maka mereka akan menghalalkan segala macam cara, segala serba boleh, seperti orang yang kehilangan kendali. Inilah fenomena yg banyak terjadi.

    Bila hal itu menimpa kita banyaklah membaca dan mentadaburi surat-surat Makkiyah yang berbicara tentang hari akhir, berbicara tentang kematian dan pokok - pokok akidah. Surat-surat itu banyak ditemukan di dalam Al-Qur'an mulai juz 30, 29, 28 dan seterusnya.

    Pada bulan Ramdahan ini tujuan akhir kita adalah agar terbebas dari siksa neraka, itu yang harus senantiasa kita ingat dengan baik, maka untuk mencapai itu kita harus menambah pundi-pundi pahala.
    Di bawah ini akan saya sebutkan beberpa amalan yang sederhana, simple, maksimal hanya dalam waktu 5 - 10 menit anda kerjakan Allah SWT akan menghapus semua kesalahan kita dan terbebas dari siksa neraka.

    1. Seorang Muazin

    234 - ( حسن صحيح )
    وعن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : المؤذن يغفر له مدى صوته ويصدقه كل رطب ويابس
    رواه أحمد واللفظ له وأبو داود وابن خزيمة في صحيحه وعندهما :
    ويشهد له كل رطب ويابس

    Artinya ;
    Dari Abu Hurairah'RA ;

    " Seorang muadzin diampunkan dosa-dosanya sejauh mana suara azannya, maka semua benda dan makhluk hidup akan membenarkan dan menjadi saksinya " (Hasan Shohih)

    2.  Seseorang yang bangun dari tidur dan membuka mata di malam hari langsung berzikir dan berdoa

    عن عبادة بن الصامت t، عن النبي e قال: «من تَعارَّ من الليل فقال: لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك، وله الحمد، وهو على كل شيء قدير، سبحان الله، والحمد لله، ولا إله إلا الله، والله أكبر، ولا حول ولا قوة إلا بالله، ثم قال: اللهم اغفر لي أو دعا استجيب له، فإن توضأ وصلى قبلت صلاته»([1]).
    تعار: استيقظ ليلا، والتعار أيضا: السهر، والتمطي، والتقلب على الفراش ليلا مع كلام

    [1] / رواه البخاري وأصحاب السنن إلا النسائي

    Artinya ;
    Dari Ubadah ibn Shomit Radhiyallahu 'anhu :

    Barang siapa yang kemudian bangun di malam hari lalu ia membaca ;

    " لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك، وله الحمد، وهو على كل شيء قدير، سبحان الله، والحمد لله، ولا إله إلا الله، والله أكبر، ولا حول ولا قوة إلا بالله "
    lalu dia berdoa " Ya Allah ampuni aku " atau berdoa apa saja, maka akan Allah kabulkan. Dan bila dia bangun lalu wudhu dan sholat, maka sholatnya akan di terima. (HR. Bukhori)

    3. Menjaga aib saudaranya

    فَعَنْ أَبِي الدَّرْدَاء رضي الله عنه عَنْ النَّبِيّ صلى الله عليه وسلم قَالَ:" مَنْ رَدَّ عَنْ عِرْض أَخِيهِ رَدَّ اللَّه عَنْ وَجْههِ النَّارَ يَوْم الْقِيَامَة".[1]

    Artinya :
    Barang siapa yang membantah ghibah (gosip) saudaranya _bermaksud menjaga aib saudaranya_ , maka Allah akan palingkan wajahnya dari siksa neraka.

    [1] رواه أحمد- حديث رقم :‏26930‏، وروَاه التِّرْمِذِيّ- كتاب الذبائح، أبواب البر والصلة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم باب ما جاء في الذب عن عرض المسلم، حديث: ‏1903‏ وقَالَ هَذَا حَدِيث حَسَن، وصححه الألباني


    وَعَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ يَزِيدَ رضي الله عنها قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: "مَنْ ذَبَّ عَنْ لَحْمِ أَخِيهِ فِي الْغِيبَةِ كَانَ حَقًّا عَلَى اللَّهِ أَنْ يُعْتِقَهُ مِنَ النَّارِ".[2]

    رواه أحمد- حديث رقم: ‏26998‏ بسند صحيح

    Artinya :
    Barangsiapa yang menjaga aib/menutupi aib saudaranya (di majlis ghibah), maka Allah berkewajiban untuk menyelamatkanya dari siksa api neraka. (HR. Ahmad, hadits nomor 26998 dengan sanad shohih)

    4. Berdoa ketika masuk pasar

    رواه الترمذي عن عمر بن الخطاب ـ رضي الله عنه ـ أن رسول الله صلى الله عليه  وسلم قال: من دخل السوق فقال لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير وهو على كل شيء قدير كتب الله له ألف ألف حسنة ومحا عنه ألف ألف سيئة ورفع له ألف ألف درجة.

    وقد خرج الشيخ الألباني الحديث في الصحيحة برقم 3139،

    Artinya :
    Barangsiapa yang masuk ke dalam pasar lalu membaca ;

    " لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير وهو على كل شيء قدير "
    maka Allah akan mencatat baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan sejuta kesalahan dan menaikkan baginya sejuta derajat dan Allah akan membangunkan baginya rumah di surga. (HR Tirmizi dan di shahihkan oleh Albani)

    5. Bershodaqoh

    الصدقة تطفئ الخطيئة كما تطفئ الماء النار
    Sedekah itu menghapus الخطيئة (kesalahan -  kesalahan) sebagaimana air memadamkan api.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Amalan - Amalan Sederhana Penggugur Dosa Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top